Peran Pendidik dalam Memperkokoh Persatuan untuk Membangun Negeri

Peran Pendidik dalam Memperkokoh Persatuan untuk Membangun Negeri

Peran pendidik dalam memperkokoh persatuan untuk membangun negeri – Peringatan Hari pahlawan jatuh pada tanggal 10 November setiap tahunnya. Peringatan Hari pahlawan tahun 2017 ini mengangkat tema, Perkokoh Persatuan untuk Membangun Negeri.

pendidik,guru,pahlawan
Foto : Senyum dan semangat pahlawan insan cendikia membangun negeri (matrapendidikan.com)

Pahlawan adalah sosok pembela kebenaran untuk kemaslahatan suatu bangsa. Bagi bangsa Indonesia, pahlawan adalah pembela kebenaran untuk menegakkan, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

Dengan demikian, pahlawan tidak semata berjuang membela kebenaran dengan memanggul senjata. Semua anak bangsa dapat menjadi pahlawan termasuk pahlawan dalam mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang.

Anak bangsa dapat menjadi pahlawan dalam mengisi kemerdekaan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya. Pendidik adalah pahlawan insan cendikia yang berjuang membela kebenaran dalam mencerdaskan anak bangsa. Para pendidik berjuang untuk mencerdaskan anak bangsa melalui proses pendidikan.

Bukanlah seorang pahlawan kalau seseorang itu tidak mendapat hambatan dan tantangan. Begitu pula halnya dengan para pendidik dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pengajar sekaligus pendidik

Semangat perjuangan dalam mengatasi masalah pembelajaran adalah bukti nyata pendidik berperan sebagai seorang pahlawan pendidikan. Namun demikian para pendidik juga  perlu memperkokoh persatuan antar sesama pendidik. Membangun kerja sama yang baik antar sesama rekan kerja di tempat tugas masing-masing.

Lebih dari itu, peranan pendidik dalam pembelajaran  adalah menularkan nilai-nilai persatuan kepada peserta didik melalui proses pembelajaran pada mata pelajaran atau bimbingannya masing-masing.

Peran pendidik dalam memperkokoh persatuan untuk membangun negeri tidak hanya menjadi tugas guru mata pelajaran Pendidikan Kewrganegaraan (PKn). Semua guru dapat menumbuhkembangkan rasa persatuan dan kesatuan melalui mata pelajaran masing-masing.

Salah satu cara yang populer di kalangan guru adalah mengintegrasikan nilai-nilai persatuan untuk membangun negeri  kedalam materi pelajaran atau mata pelajaran yang menjadi asuhannya. 

Demikian sekelumit peranan pendidik dalam memperkokoh persatuan untuk membangun negeri. Dirgahayu Hari Pahlawan!

Posting Komentar